Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat

cara  merawat rambut agar selalu sehat

Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat - Seperti yang telah kita ketahui bahwa rambut merupakan salah satu mahkota pada seorang wanita. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga dan merawat rambut kita agar tetap terlihat cantik dan indah. 

Mungkin untuk sebagian wanita yang memiliki rambut panjang merasa sedikit risih dan sulit untuk menjaga rambut panjang tetap terlihat cantik dan indah.

Namun anda tak usah khawatir, di artikel ini ada sedikit tips untuk membuat rambut kita tetap sehat, terlihat cantik dan indah terawat dengan cara alami tanpa menghabiskan waktu untuk melakukan perawatan di salon.

Yuk simak caranya berikut ini.

1. Memakai Ikat Rambut Yang Lembut

Saat anda bepergian atau mengerjakan sesuatu pastinya akan merasa risih jika rambut panjang anda menghalangi kegiatan yang anda lakukan, lalu anda akan mengikat rambut dengan sekencang-kencangnya agar tidak mudah terurai kembali. Cara tersebut tidak dianjurkan, karena jika anda terlalu kencang mengikat rambut anda, selain kulit kepala anda terasa sakit dan akhirnya mengakibatkan anda merasa pusing, rambut anda juga akan mudah rontok. Oleh karenanya ikatlah rambut anda dengan lembut dan tidak terlalu mengikatnya dengan kencang. Kemudian pilihlah jenis ikat rambut yang lembut untuk mengikat rambut anda. 

2. Keringkan Rambut Secara Alami

Setelah anda membersihkan rambut anda atau keramas, sebaiknya hindari untuk mengeringkan rambut menggunakan haidryer. Keringkanlah rambut anda secara alami. Caranya yaitu setelah anda keramas, bungkus rambut anda dengan handuk. Setelah sudah terasa air tidak menetes lagi dari rambut anda, keringkanlah rambut anda dengan kipas sambil anda menyisir rambut anda. Anda juga bisa sambil memijat kepala anda dan menggunakan vitamin atau pelembab rambut agar rambut anda kuat dan tak mudah rontok.

3. Jangan Terlalu Sering Berkeramas

Mungkin anda akan berpikir bahwa rambut yang sering dikeramas akan membuat rambut menjadi cepat tumbuh panjang dan juga tak mudah rontok, padahal dengan kita terlalu sering berkeramas, hal ini akan membuat rambut kita rusak, yaitu mudah rontok, dan juga patah-patah, karena disebabkan kulit rambut kita yang kering karena sering berkeramas. Oleh karena itu disarankan untuk anda membersihkan rambut anda disaat rambut anda kotor saja. Paling tidak seminggu dua atau tiga kali.

4. Memilih Produk Sampo Yang mengandung Tabir Surya

Agar rambut anda terlindungi dari sengatan matahari yang dapat merusak rambut anda, maka disarankan untuk memilih dan memakai sampo yang mengandung tabir surya, yang dapat menjauhkan rambut anda dari kekeringan.

5. Kepanglah Rambut Anda Saat Tidur

Saat anda tidur, jangan biasakan untuk mengikat kencang rambut anda, karena hal ini dapat membuat rambut anda rontok. Sebaiknya jika anda tak ingin menggerai rambut anda karena risih, kepanglah rambut anda dan ikat kepangan rambut anda dengan ikatan yang tidak terlalu kencang, oleh karena itu pakailah ikat rambut yang lembut.

Demikian beberapa tips untuk merawat dan menjaga rambut anda agar tetap sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuat rambut anda tetap terlihat sehat, cantik dan selalu indah.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Kusut

Artikel Terkait

This Is The Newest Post