Tips Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusut

Cara mengatasi rambut kering dan kusut-Rambut yang kusut dan kering dapat menghambat penampilan prima anda, selain itu rambut yang kusut dapat menjadi cerminan kita bahwa anda tidak melakukan perawatan yang baik pada mahkota anda, yaitu rambut. Rambut yang rapih bukan berarti bahwa rambut tersebut harus lurus, namun rambut keriting juga bisa dikatakan rapih jika tatanan rambutnya terlihat teratur dan fresh. Rambut yang kering biasanya diakibatkan oleh penggunaan bahan-bahan kimia yang sering digunakan, seperti sampo yang tidak cocok. Selain itu rambut yang sering menggunakan hair dryer akan menjadi kering akibat panas yang dialirkan dari alat tersebut, yang mengakibatkan rambut bercabang dan pecah-pecah. Kebiasaan penataan rambut yang sering melakukan berbagai macam model juga ternyata dapat mempengaruhi rambut menjadi kusut dan kering. 
Tapi anda jangan khawatir karena tulisan berikut ini akan membahas bagaimana cara mengatasi rambut kering dan kusut.
Tips Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusut

Berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut kering dan kusut:
Biasakan menggunakan conditioner setelah anda keramas. Penggunaan ini biasanya bertujuan agar rambut anda tetap menjadi lembut setelah keramas sehingga memudahkan anda dalam menyisir atau dalam menata rambut anda.
Setelah keramas pastikan anda tidak menggunakan alat pengering rambut seperti hair dryer, karena hal tersebut dapat merusak sel-sel rambut. Gunakan handuk yang cukup dililitkan pada rambut saja, jangan biasakan menggosok-gosok rambut saat keramas atau mengeringkan rambut.
Sisirlah rambut dengan menggunakan sisir yang jarang gigi sisirnya.
Sisir yang harus digunakan adalah sisir yang giginya jarang dan memiliki titik tombil pada ujung sisirnya. Hal ini bertujuan agar terjadi kesehatan pada kulit kepala dan syaraf-syaraf di kepala anda.

Selain tindakan pencegahan yang dapat dilakukan tadi, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu agar rambut anda terhindar dari rambut kusut dan kering, yaitu:

Minyak kelapa
Minyak kelapa sangat mudah ditemukan disekitar lingkungan kita. Biasakan memilih produk yang berkaitan dengan rambut anda dan berkaitan juga dengan minyak kelapa. Minyak kelapa berfungsi untuk menghitamkan rambut, juga menjadikan rambut mudah diatur. Maka pastikan produk kecantikan anda tidak jauh dari produk minyak kelapa, seperti shampoo, conditioner, cream masker rambut, cream creambath bahkan sabun mandi sekalipun.

Minyak zaitun
Minyak zaitun telah banyak dikenal dapat berguna bagi kulit kepala, menguatkan akar rambut, memberikan nutrisi pada rambut anda, juga mengelastiskan rambut anda.

Madu
Sejak zaman dahulu telah dipercaya bahwa madu dapat melembabkan rambut, melembutkan struktur rambut bahkan menjadikannya berkilau.

Aloe vera
Aloe vera didapatkan pada tanaman lidah buaya. Tanaman ini sangat berfungsi untuk menjaga PH rambut anda, selain itu lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe yang ada pada rambut anda. Caranya siapkan lidah buaya, lalu pisahkan daging dengan kulitnya, lalu gunakan daging lidah buaya dan lendirnya sebagai prlumas pada saat anda keramas, balurkan juga pada kulit kepala anda, lakukan secara rutin dan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian beberapa cara mengatasi rambut kering dan kusut, selamat mencoba!

Artikel Terkait