Cari Tips

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah

cara mudah merawat kulit wajah

Cara mudah merawat kulit wajah

Merawat kulit wajah adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang baik wanita maupun pria, agar tampak selalu sehat dan segar.
Cara merawat kulit wajah sederhananya terdiri dari empat tahap, yaitu cleansing, toning, exfoliating dan tahap moisturizing.
Cleansing merupakan langkah pertama dalam merawat kulit wajah. Perawatan ini membantu dalam menghilangkan debu, polusi dan minyak berlebih pada kulit. Cleansing wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.
Sebelum menggunakan pembersih wajah atau cleaner sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:
1.    Setelah wajah dibersihkan cobalah rasakan perbedaannya. Jika kulit wajah terasa kesat dan serasa tertarik itu tandanya produk cleaner yang digunakan dapat berpotensi membuat kulit menjadi kering. Kurangi dosisnya atau pilihlah cleaner yang cocok dengan kulit Anda.
2.    Kotoran pada wajah dapat berubah menjadi minyak akibat dari campuran kosmetik, alas bedak, debu, dan lainnya. Cara yang tepat adalah dengan menghapus atau membersihkannya dengan cleaner yang berbahan minyak juga. Namun jika Anda memiliki kulit berminyak sebaiknya lanjutkan dengan toner.
3.    Jangan membersihkan wajah dengan cara digosok. Jangan gunakan tisu biasa, sebaiknya gunakan kapas atau tisu khusus wajah. Diperbolehkan untuk menggunakan waslap sesekali.


Toning menjadi rutinitas berikutnya dalam merawat kulit wajah. Toning membantu menghilangkan semua jejak dari kotoran dan minyak.  Toning dapat digunakan sesekali yaitu apabila terkena lingkungan terutama yang keras dan polusi.
Berikut adalah cara membuat toner sendiri di rumah dengan menggunakan mentimun, ambil satu mentimun ukuran sedang kemudian haluskan dengan blender dan saring untuk dijadikan jus. Tambahkan satu sendok teh madu di dalamnya dan aduk sampai rata. Simpan dalam lemari es. Gunakan ramuan ini untuk menghaluskan seluruh wajah dan leher dua kali dalam sehari.


Tahapan berikutnya dalam merawat kulit wajah adalah dengan exfoliating, dimana tahapan ini tidak harus dilakukan dalam rutinitas sehari-hari. Exfoliating dapat dilakukan sedikitnya satu kali seminggu atau dua kali tergantung pada jenis kulit dan kondisi lingkungan. Pengelupasan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.
Berikut adalah cara membuat exfoliator sendiri, ambil satu sendok makan oatmeal dan dua almond, kemudian haluskan. Tambahkan beberapa susu full cream ke dalamnya. Usapkan pada wajah dan leher dalam gerakan melingkar untuk membantu pengelupasan kulit. Bilas dengan air dingin.


Hal yang terakhir dalam merawat kulit wajah adalah dengan moisturizing. Moisturizing atau proses pelembaban sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit wajah. Pelembab dapat mencegah kulit kering yang menjadi awal dari kerusakan kulit yang lebih parah.
Berikut adalah cara membuat krim pelembab sendiri, haluskan dua sendok makan krim asam dan satu sendok makan madu dengan setengah pisang tumbuk. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.


Demikian cara mudah merawat kulit wajah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Image Source: Google.com
Cara Mudah Merawat Kulit Wajah | Cara K | 5