Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Efek Samping - Memiliki rambut lurus memang menjadi idaman para wanita. Ini karena rambut lurus dinilai memberikan kesan anggun dan cantik untuk mendukung penampilan. Selain itu, rambut lurus lebih mudah diatur atau ditata dripada rambut keriting. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut, seperti dengan melakukan smoothing atau rebonding. 

Namun penggunaan cara pemanasan bahan kimia terhadap rambut tersebut sering menimbulkan efek samping seperti kerusakan, mudah rontok, pertumbuhan rambut menjadi tidak optimal dan rambut bercabang. Sehingga cara membuat rambut lurus alami bisa menjadi solusi menghindari efek samping tersebut.


cara meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding

5 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Rebonding


1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dalam dunia medis selama ini dimanfaatkan untuk membantu menurunkan risiko serangan jantung. Namun, ternyata minyak zaitun juga berpotensi sebagai cara meluruskan rambut keriting secara alami. 

Bahkan minyak zaitun yang digunakan secara rutin bisa membuat rambut hitam alami dan bernutrisi. 

Cara menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut yaitu dengan memanaskan minyak zaitun (tidak sampai mendidih) kemudian dicampur dengan rosemary kering. Setelah itu digunakan sebagai masker rambut dan diamkan 25-30 menit. Bersihkan dengan cara keramas seperti baisa.


2.  Menggunakan Minyak Almond

Selain minyak zaitun, minyak almond juga bermanfaat bermanfaat untuk membantu meluruskan rambut dan melembutkan rambut. 

Caranya dengan menambahkan 2-4 tetes minyak almond pada produk kondisioner Anda. Perawatan ini bisa dilakukan 2-3 hari sekali setelah keramas dan sebaiknya jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut.


3.  Telur dan Susu

Mungkin sudah banyak yang tahu manfaat telur dan susu sebagai cara meluruskan rambut tanpa rebonding. 

Kombinasi susu dan telur memang sangat efektif untuk membantu menutrisi rambut dan meluruskan rambut secara alami. Tidak hanya itu saja, campuran tersebut juga bisa membantu mencegah ketombe. 

Cara meluruskan rambut dengan telur dan susu yaitu dengan menyiapkan 1 butir telur kampung diambil putih telurnya saja dan dicampurkan kedalam 2 cangkir susu putih tanpa pemanis. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker rambut selama 1`5-20 menit. Bilas dengan cara keramas.


4.  Pepaya

Pepaya memiliki kandungan mineral tinggi yang efektif sebagai cara meluruskan rambut secara alami. Caranya yaitu dengan menghaluskan pepaya secukupnya dengan dicampur madu (bisa menggunakan blender). 

Kemudian campuran tersebut dioleskan pada  kulit kepala hingga seluruh helai rambut dan didiamkan selama 1 jam agar meresap sempurna. Jika sudah, bilas dengan cara berkeramas seperti biasa. Selain pepaya, bisa juga diganti dengan pisang.


5.  Tepung Beras dan Telur

Cara meluruskan rambut secara alami dan cepat lainnya yaitu dengan kombinasi tepung beras dan telur namun dalam penggunaannya tidak bisa secara berlebihan karena bisa menimbulkan permasalahan rambut. 

Caranya yaitu dengan mencampurkan satu putih telur dengan 5 sendok tepung beras. Kemudian gunakan untuk masker rambut minimal 1 kali seminggu saja. Jika rambut sudah terlihat lurus, sebaiknya hentikan pemakaian.

Itulah beberapa tips cara meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding dan efek samping. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

Artikel Terkait