Cara Mengatasi Kulit Hitam pada Lipatan Perut

Cara Mengatasi Kulit Hitam pada Lipatan Perut - Mempunyai lemak berlebih pastinya membuat seorang wanita menjadi kurang percaya diri. Tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga mengganggu aktifitas sehari-hari dan kesehatan. Salah satu area tubuh yang sering menjadi tempat timbunan lemak yaitu area perut. Pada bagian perut, lemak yang berlebih dapat menyebabkan perut menjadi berlipat-lipat dan warna kulit akan menjadi hitam. Apabila didiamkan secara terus-menerus kulit akan menjadi semakin gelap sehingga proses mengembalikan warna kulit untuk menjadi cerah akan sulit diatasi dan memakan waktu yang lama. 

Cara Mengatasi Kulit Hitam pada Lipatan Perut


Baca: Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit

Kulit hitam pada perut yang berlipat terjadi karena adanya hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang disebabkan oleh obesitas dan sering terjadinya gesekan atau juga karena posisi duduk yang kurang baik sehingga kulit perut sering terlipat. 

Pemakaian baju yang ketat atau korset yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit menjadi hitam. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya perlu mengetahui dulu penyebabnya sehingga memudahkan kita untuk mengatasinya. Apabila terjadi karena kegemukan, disarankan untuk mengurangi kegemukan terlebih dulu atau menghindari pemakaian busana yang menekan bagian perut. Jika penyebabnya karena posisi duduk yang kurang baik maka memperbaiki posisi duduk menjadi lebih baik adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kulit hitam pada perut. 

Perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit hitam pada lipatan perut adalah dengan mengoleskan krim seperti AHA, retinol dan bahan pemudar warna gelap seperti hidrokuinon, arbutin dan asam kojic. Tujuan pemberian krim tersebut adalah untuk memperbaiki regenerasi kulit dan membuat warna kulit kembali seperti semula. Selain mengoleskan krim, dapat juga melakukan peeling sesuai dengan tingkat kegelapan kulit yang dialami atau sesuai kebutuhan.

Sebaiknya pilih peeling yang mengandung ekstrak buah-buahan atau AHA. Lakukan treatment peeling sebulan sekali dengan rutin sehingga kulit hitam pada lipatan perut akan memudar dan menghilang.
Selain dengan melakukan treatment peeling, kulit hitam pada lipatan perut juga dapat diatasi dengan cara dan bahan-bahan alami seperti kapur sirih, bengkuang, jeruk nipis dan jeruk lemon serta lidah buaya. 

Baca: Cara Memutihkan Kulit Leher Gelap

Kapur Sirih. Oleskan kapur sirih pada bagian perut yang hitam dan diamkan sebentar kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan rutin seminggu dua kali. Yang harus diperhatikan dalam pemakaian kapur sirih, jangan terlalu lama di diamkan di area perut yang berlipat karena dapat menyebabkan iritasi. 

Bengkuang. Parut bengkuang lalu gosok secara perlahan dan tempel di area kulit yang hitam agar kulit yang menghitam dapat kembali ke warna semula. Diamkan selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu tiga kali.

Jeruk nipis dan jeruk lemon. Pemakaian jeruk nipis dan jeruk lemon hanya memakan waktu 5-10 menit dengan cara dioleskan pada lipatan perut yang menghitam. Lakukan seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lidah Buaya. Tidak jauh berbeda dengan frekuensi pemakaian jeruk nipis dan jeruk lemon yaitu seminggu tiga kali, bahan alami yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit hitam pada lipatan perut. Gosok perlahan bagian dalam lidah buaya pada area perut yang hitam kemudian diamkan selama 15-20 menit.

Di samping penggunaan treatment peeling serta bahan-bahan alami tersebut, ada baiknya kita terlebih dulu menjaga kebersihan lipatan-lipatan kulit yang ada di tubuh kita. Setelah mandi, segera keringkan tubuh dengan handuk kering untuk menghindari proses pertumbuhan bakteri yang kemungkinan dapat menempel pada kulit tubuh. Selain itu hindari memakai busana yang terlalu ketat dan apabila berkeringat, secepatnya diseka dengan kain bersih dan segera mengganti busana yang anda kenakan.
Demikian cara mengatasi kulit hitam pada lipatan perut, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lemak di Paha 

Artikel Terkait