Cari Tips

Cara Memilih Model Kerudung Untuk Kebaya

Cara Memilih Model Kerudung Untuk Kebaya - Kebaya merupakan pakaian khas jawa yang merupakan identitas bagi wanita Indonesia, dimana kebaya telah dikenal sebagai pakaian internasional yang asalnya dari Negara Indonesia. Selain modelnya yang membentuk siluet yang khusus dan khas ternyata banyak orang luar yang merasakan keanggunan pada si pemakai kebaya. Kebaya di Indonesia dapat dipakai pada acara-acara tertentu, seperti misalnya pesta pernikahan, pesta wisuda, pakaian keraton dan lainnya.

Saat ini banyak sekali para desainer baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan banyak modifikasi pada kebaya, namun tetap dalam konteks dengan tidak menghilangkan kekhasannya. Jenis-jenis kebaya setelah dimodifikasi memiliki banyak pilihan, seperti gamis kebaya, atasan kebaya, kebaya pengantin, dan lain-lain. Namun bagi muslimah yang terpenting adalah pemilihan jilbabnya yang dapat diserasikan dengan pakaian kebaya. Kerudung untuk kebaya tentunya beda dengan pemakaian kerudung untuk keseharian saat santai. Kini kerudung menggantikan sanggul sebagai hiasan rambut terdahulu, banyak tutorial kerudung yang dapat anda temui untuk menemukan berbagai macam model kerudung yang anda inginkan. Namun sekali lagi bahwa kerudung kebaya adalah kerudung khusus yang memiliki model yang sedikit rumit saat memakainya, namun akan dijelaskan dibawah ini dalam pemilihan kerudung untuk kebaya :


Cara Memilih Model Kerudung Untuk Kebaya

Menurut bahannya, kebanyakan orang memilih bahan chiffon dalam menggunakan kerudung untuk kebaya. Dengan alasan agar mudah dibentuk, dan juga struktur chiffon yang halus yang tidak membuat anda akan merasa kepanasan ketika menggunakannya.
Menurut modelnya, biasanya model yang digunakan adalah dengan membuat lipatan-lipatan gradasi kerudung, ataupun gulungan, maka dari itu selain rumit anda juga harus kreatif untuk membuat kreasi kerudung kebaya.
Menurut asesoris pelengkapnya, banyak orang yang menggunakan sisa kerudung sebagai hiasannya, ataupun menggunakan pita, bahan sari tile, bunga dan sebagainya, sebagai hiasan kerudung kebaya.

Selanjutnya akan dijelaskan penggunaan model kerudung kebaya yang simple dan mudah dipraktekkan :

Siapkan dua kerudung segiempat dengan motif yang berbeda. Misalnya coklat dan emas. Pastikan anda telah menggunakan ciput topi.
Pertama, gunakan kerudung coklat segiempat menjadi kerudung segitiga seperti biasanya, namun lebih panjang pada bagian kanan, kaitkan pada bagian belakang leher, beri peniti. Maka akan tersisa dua bagian sisa kerudung.
Kedua, gunakan kerudung emas dengan bentuk segitiga seperti tadi, namun dengan posisi miring ke arah kiri, pakai jarum pentul untuk mengaitkan bagian belakang leher antara kerudung coklat dan emas. Lalu kaitkan seperti tadi dengan menggunakan peniti pada sisi belakang.
Sisa kerudung coklat bagian kiri ( panjang ) anda tarik kebagian atas dengan menumpukkan pada bahan coklat dan emas membentuk datar, maka akan tercipta gradasi.
Sisa kerudung emas yang panjang tarik ke atas seperti tadi, dan tumpuk di setelah warna coklat tadi, maka formasi warnanya, coklat, emas, coklat, emas.
Rapihkan sisa kerudung dengan jarum pentul, lalu tempelkan hiasan kembang pada bagian kiri atas telinga.
Cara Memilih Model Kerudung Untuk Kebaya | Cara K | 5