Cara Memilih Busana untuk Acara Wisuda

Tags

Cara Memilih Busana untuk Acara Wisuda - Acara wisuda merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak mahasiswa, acara ini akan istimewa karena kebanyakan orang akan merasa bebas ketika telah melalui masa wisuda, dan akan mulai menjalani kehidupan nyatanya di masa depan. Namun banyak orang yang bingung ketika akan datang ke acara wisuda, dengan alasan pakaian yang akan dikenakan pada saat wisuda. Pakaian yang akan dikenakan di acara wisuda yang umumnya dikenakan oleh sang wisudanya ialah pakaian kebaya dengan luaran pakaian toga. Namun pemilihan kebaya yang cocok untuk acara wisuda sangat sulit di dapat, karena ditakutkan terkesan terlalu santai atau bahkan berlebihan. Di bawah ini ada beberapa tips memilih kebaya yang cocok untuk acara wisuda, antara lain :

Cara Memilih Busana untuk Acara Wisuda

Yang pertama ialah pilih kebaya dengan bahan yang nyaman ketika dipakai, bahan kebaya biasanya terdapat bahan tile di  dalamnya, namun biasanya bahan tile akan memberikan rasa gatal ketika dipakai, maka dari itu bahan tile yang berkualitas dan banyak memberikan hiasan brukat di dalamnya akan membuat rasa gatalnya menghilang, maka alternatifnya ialah memilih bahan kebaya dengan hiasan brukat yang banyak atau identik.
Pilih warna yang cocok dengan warna kulit anda, jika kulit anda putih maka sebagian besar warna dapat dipakai atau cocok dengan warna kulit anda, namun jika warna kulit anda gelap maka sebaiknya anda memilih warna berikut, warna gold, kuning kunyit, orange, dimana warnanya dapat membuat kulit anda cerah.

Jangan terlalu banyak memilih kebaya yang banyak hiasan payet, manik-manik ataupun kancing, karena hal ini akan menyulitkan anda ketika memakainya, selain itu kebaya akan terkesan berlebihan untuk acara wisuda. Namun jika anda memilih payet jepang sebagai hiasannya maka akan terkesan mewah, karena biasanya payet jepang akan berkilau, dan biasanya agak ringan.

Yang terakhir ialah modelnya, disarankan untuk memilih model kebaya yang sederhana, dengan memilih dalam bentuk atasan ataupun gamis. Jika atasan maka pastikan anda memilih kain bawahan yang warnanya sesuai dan serasi dengan warna kebayanya, biasanya warna netral batik seperti hitam, coklat emas dan coklat tua sanggat cocok dipadukan dengan kebaya. Namun jika anda memilih gamis maka, pastikan tidak menyulitkan anda ketika berjalan atau bergerak.

Perhatikan juga asesoris pendukungnya seperti tas atau dompet, jilbab, high heels atau wedges, dan sebagainya. Pastikan anda merasakan tingkat kenyamanan ketika menggunakannya.
Untuk keluarga yang akan mendampinginya ketika acara wisuda, disarankan untuk menyiapkan pakaian seragaman keluarga yang dimiliki. Karena acara ini termasuk acara formal maka anda sangat baik jika menampilkan keharmonisan dan kekompakan keluarga anda dalam momen istimewa ini.

Artikel Terkait